ANALISIS SIKAP, MOTIVASI DAN MENTAL WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

MOCHAMAD SIHAB
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0349

Abstract

Minat berwirausaha tidak akan tercapai tanpa adanya peran serta mahasiswa dengan sikap, motivasi dan mental wirausaha yang baik. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa sebagai sumber daya manusia akan menentukan maju mundurnya wirausaha agar dapat bersaing dengan wirausaha lainnya. Agar mahasiswa dapat mencapai minat berwirausaha seperti yang diharapkan, maka mahasiswa harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa.

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sikap, motivasi dan mental wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2012 sejumlah 384 mahasiswa dan yang menjadi sampel penelitian sejumlah 77 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuisioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat berwirausaha, sedangkan motivasi dan mental wirausaha berpengaruh signifikan baik secara parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sikap, motivasi dan mental wirausaha berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri.


Keyword

Sikap, motivasi, mental, minat berwirausaha

Reference

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di  Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakar-ta: Bumi Aksara.

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsu-men. Jakarta: Kencada Prenada Me-dia.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade