Pengaruh daya tanggap, jaminan, dan keandalan karyawan terhadap kepuasan konsumen di JJ Bilyard & Cafe
Author (Penulis)
JOHAN PRANATA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0348
Abstract
ABSTRAK
Semakin banyaknya jasa hiburan membuat persaingan antar provider sangat ketat.
Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memberikan rasa puas kepada konsumen
dengan meningkatkan beberapa aspek baik dari segi Daya tanggap, Jaminan, dan Keandalan
karyawan agar konsumen merasa puas Semua aspek tersebut perlu mendapatkan perhatian
yang lebih. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh daya
Tanggap, Jaminan dan Keandalan karyawan terhadap Kepuasan Konsumen di JJ Bilyard &
Cafe Kota kediri baik secara parsial maupun simultan.
Variabel yang digunakan adalah (1) daya tanggap, (2) jaminan, (3) keandalan
karyawan, dan (4) kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian
ini adalah 75 responden. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan
menggunjan analisis data secara kuantitatif dan kualitataif. Analisis kuantitatif menggunakan
analisis linier berganda. Analisis kualitatif merupakan interprestasi dari data-data yang
diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan
memberikan keterangan dan penjelasan.
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa Daya Tanggap secara signifikan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, Jaminan secara signifikan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen, Keandalan Karyawan Secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen.
Sedangkan dari pihak peneliti menyarankan bagi perusahann JJ Bilyard & Cafe Kota
Kediri untuk meningkatkan, mempertahankan dan mengikuti perkembangan sesuai keinginan
para konsumen.