PENGARUH KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK BTN CABANG KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
EVIDASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0344
Abstract
Evidasari, NPM 12.1.02.02.0344, “Pengaruh Komunikasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Bank BTN Cabang Kota Kediri”, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UN PGRI Kediri Tahun 2016.
Kata kunci: komunikasi, kepemimpinan dan kinerja karyawan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Bahwa faktor yang berperan dalam kinerja antara lain adalah komunikasi dan kepemimpinan dengan demikian efektivitas keseimbangan antara pekerja dan lingkungan yang berada di dekatnya yang meliputi individu, sumber daya, kejelasan kerja dan umpan balik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan pada Bank BTN Cabang Kota Kediri. 2) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Bank BTN Cabang Kota Kediri. 3) Pengaruh komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Bank BTN Cabang Kota Kediri.
Teknik penelitian ini adalah teknik regresi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan Bank BTN Cabang Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 orang pada Bank BTN Cabang Kediri. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank BTN Cabang kota Kediri. 2) Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank BTN Cabang kota Kediri. 3) Komunikasi dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kinerja karyawan Bank BTN Cabang kota Kediri.
Kesimpulan dari penelitian ini direkomendasikan kepada perusahaan bahwa pemimpin atau atasan karyawan diharapkan dapat meningkatkan standar kinerja bagi karyawan. Dengan standar kinerja yang meningkat, diharapkan kinerja karyawan menjadi lebih optimal dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan. Tetapi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kinerja karyawan, seyogyanya bagi pimpinan agar terus meningkatkan komunikasinya yang baik terhadap karyawan.