PENGARUH ATRIBUT PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMSUNG SMARTPHONE
Author (Penulis)
BETY SETYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0343
Abstract
Kata Kunci: Atribut Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian.
Perkembangan alat komunikasi di Indonesia relatif baik dan
dinamis baik untuk produk lokal maupun produk internasional. Selain itu,
tingkat persaingan yang ketat diberbagai produk serta sikap masyarakat
yang turut mempengaruhi dalam memilih serta memutuskan untuk
membeli alat komunikasi yang sesuai dengan selera berdasarkan kemajuan
teknologi telah menyebabkan perusahaan untuk lebih meningkatkan fitur
atau atribut produk serta citra merek yang baik dan harga yang terjangkau
produk yang akan dipasarkan. Salah satu produk alat komunikasi yang
belakangan ini mencuri perhatian masyarakat adalah Smartphone
Samsung.
Dalam penelitian ini populasi berjumlah 1,887 mahasiswa.
Pengambilan sampel berjumlah 100 teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus Slovin dengan random sampling. Metode penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier
berganda dan analisi hipotesis (uji t dan uji f) dengan Software SPSS For
Windows Versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Atribut produk, citra
merek dan harga secara persial berpengaruh terhadap keputusan pembelian
smartphone samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Nusantara PGRI Kediri (2) Atribut produk, citra merek dan harga secara
simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone samsung
pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.