ANALISIS PENGARUH PROMOSI, LOKASI DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK BTN KANTOR CABANG KEDIRI


Author (Penulis)

FINA TEGA TRIMUKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0337

Abstract

ABSTRAK Fina Tega Trimukti, NPM 12.1.02.02.0337, “Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank BTN Kantor Cabang Kediri” , juli 2016. Kata Kunci : Promosi, lokasi dan produk terhadap keputusan nasabah menabung Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti Bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh promosi, lokasi dan produk. Dimana bauran pemasaran yang diperkenalkan oleh seorang pakar pemasaran yaitu Philip Kotler. Ketiga variabel tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Variabel dalam penelitian ini adalah promosi, lokasi, produk dan keputusan menabung. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh promosi, lokasi dan produk terhadap keputusan nasabaah menabung di Bank BTN kantor cabang Kediri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh promosi, lokasi dan produk terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung di Bank BTN kantor cabang Kediri. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah accidental sumpling. Sampel dalam penelitian ini 40 orang nasabah dari Bank BTN kantor cabang menggunakan analisis data yang digunakan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 23,687+ 0,346X1 + 0,269X2 + 1,241X3. Dimana variabel pengambilan keputusan konsumen (Y), variabel promosi (X1), Variabel lokasi (X2), variabel produk (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen pengambilan keputusan menabung. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa keempat variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen pengambilan keputusan menabung. Adjusted R Square sebesar 0,688 menunjukkan bahwa 72,0% variabel pengambilan keputusan nasabah menabung dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi penelitian ini. Sedangkan sisanya sebesar 28% dijelaskan oleh variabel diluar keempat variabel dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI