ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL BISMO KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
MOH. BAHROINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0327
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan menginap di Hotel Bismo Kediri baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah maupun sedang menginap di Hotel Bismo Kediri. Sampel ditentukan dengan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan regresi linier berganda diperoleh nilai F hitung 5,976 dengan tingkat signifikansi 0,0002. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan secara simultan kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Bismo Kediri karena tingkat signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Melalui uji t (parsial) diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai angka signifikansi sebesar 0,014 (< 0,005), menunjukkan bahwa kualitas produk paling dominan dalam mempengaruhi keputusan menginap di Hotel Bismo Kediri. Serta variabel fasilitas dengan nilai signifikansi 0,023 (< 0,005), variabel lokasi sebesar 0,020 (< 0,005), dalam mempengaruhi keputusan menginap di Hotel Bismo Kediri.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Keputusan Menginap