PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN SAMBIREJO REGENCY
Author (Penulis)
DIKY CITRA DWI ARIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0300
Abstract
ABSTRAK
Perumahan Sambirejo Regency merupakan salah satu elemen penting pemenuhan kebutuhan tempat tinggal. Dengan memahami kebutuhan keinginan dan permintaan konsumen, maka akan memberikan pemasukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi konsumenya. Rmumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Perumahan Sambirejo Regency?”.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Perumahan Sambirejo Regency sebanyak 47. Variabel penelitian ini terdiri dari harga, fasilitas dan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yaitu dengan tehnik yaitu kuesioner Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) harga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) fasilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) harga, fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersama sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Hasil penelitian di atas di harapkan Perumahan Sambirejo regency untuk memperhatikan harga, meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan sehingga dapat terciptanya kepuasan konsumen dan meningkatkan jumlah konsumen pada Perumahan Sambirejo Regency
KATA KUNCI : Harga, Fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.