PENGARUH PEOPLE, PROMOTION DAN PROCESS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN TABUNGAN JUARA PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG KEDIRI
Author (Penulis)
DITA AMALIA WAHYU MAWANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0278
Abstract
ABSTRAK
Dita Amalia Wahyu Mawandi: PengaruhPeople, Promotion dan Process terhadap Keputusan
Nasabah dalam pengambilan tabungan juara pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang
KediriSkripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri,
2016.
Penelitian ini dilatar belakangi pelayanan jasa yang penting bagi perusahaan karena memiliki
peran sebagai potensi penggerak seluruh aktivitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki pelayanan
berkualitas dapat dengan mudah mengintegrasikan visi perusahaan dengan tujuan perusahaan kepada
nasabah sehingga pencapaian tujuan perusahaan bisa tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah : (1) Apakah variabel people, promotion dan process berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan nasabah. (2) Apakah variabel people, promotion dan process berpengaruh secara simultan
terhadap keputusan nasabah.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Variabel bebas dari
penelitian ini adalah people, promotion dan process sedangkan variabel terikat keputusan nasabah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini
populasinya sebanyak 254nasabah dan adapun sampel sebanyak 72 nasabah, teknik analisis data yang
digunakan dalam peneltian ini meliputi analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua
variabel bebas yaitu variabel people (X1), promotion (X2), dan process (X3) yang mempunyai
pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Secara simultan (uji F) menunjukkan variabel
bebas (people, promotion dan process). Secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan nasabah.
Kata kunci :people, promotion, process dan keputusan nasabah.