PENGARUH NET PROFIT MARGIN, DEBT TO EQUITY RATIO DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2014
Author (Penulis)
FRANSISKA SANJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0277
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan kebijakan pemerintah dan naik turunnya harga saham perusahaan yang disebabkan oleh adanya pelemahan kondisi perekonomian di Indonesia.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruhNet Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Current Ratio secara parsial maupun secara simultan terhadap Harga Saham pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Dan didapatkan 12 perusahaan otomotif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa Laporan Keuangan akhir tahun dari tahun 2012 sampai 2014. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t dan Uji Fdan menggunakan teknik analisa regresi linear berganda dengan software SPSS versi 20. Hasil uji T menunjukkan bahwa Net Profit Margin secara Parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Harga saham di dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap Harga saham, dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung 0,634 > 0,05.Current Ratioberpengaruh negatif signifikan terhadap Harga sahamdibuktikan dengan nilai signifikansi 0,511> 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, Current Ratiosecara simultan berpengaruh yang signifikan terhadap Harga saham dibuktikan dengan nilai signifikanF sebesar0,028< 0,05. Kata Kunci : Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, Harga Saham.bstrak