ANALISIS PENGARUH PERSEPSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK WAHYU KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ARI ANDRIAS TUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0259

Abstract

ABSTRAK Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis ini mengharuskan perusahaan untuk dapat memiliki keunggulan agar dapat memenangkan dalam persaingan. Keunggulan bisa dalam bentuk persepsi, kualitas pelayanan dan kepuasan. Dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan, perusahaan bisa memiliki salah satu keunggulan atau menentukan, beberapa keunggulan yang disaingkan. Kemampuan bersaing perusahaan tidak hanya didasarkan pada keahlian dan kemampuannya saja tetapi juga diperlukan keunggulan kinerja secara kompetitif, dilakukan dengan memberikan kepuasan yang baik, memberikan pengetahuan tentang produk yang dibutuhkan konsumen sehingga konsumen dapat mempersepsikan dengan baik serta memberikan kualitas pelayanan yang maksimal kepada konsumen sehingga konsumen akan loyal pada perusahaan. Dengan demikian, akan berdampak baik bagi perusahaan. Permasalahan Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh persepsi terhadap loyalitas pelanggan ? (2) Bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan? (3) Bagaimankah pengaruh kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan? (4) Bagaimankah pengaruh persepsi , kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data pembagian kuesioner. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 pelanggan Apotek Wahyu Kediri. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) persepsi secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. (2) persepsi,kualitas pelanggan, kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Saran untuk Apotek Wahyu walapun persepsi, kualitas pelayanan dan kepuasan sudah membuat pelanggan loyal tapi akan lebih baik lagi jika ditingkatkan. Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI