PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK APACHE DI KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DELA LAILATUL HIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0258
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rokok Apache di Kota Kediri. Sampel ditentukan dengan insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan regresi linier berganda diperoleh Nilai koefisien determinasi untuk variabel bebas lebih dari dua digunakan adjusted R square, diperoleh sebesar 329 . Hal ini berarti 32,9% dapat dijelaskan oleh variabel promosi, harga dan kualitas produk sedangkan sisanya yaitu 61,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Melalui uji t (parsial) diketahui bahwa variabel promosi mempunyai angka signifikansi sebesar 0,008 (< 0,005), serta variabel harga dengan nilai signifikansi 0,017 (< 0,005) dan variabel kualitas produk sebesar 0,046 (< 0,005) dalam mempengaruhi keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri. Dari data tersebut dapat terlihat bahwa keseluruhan variabel bebas promosi, harga dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan persamaan dapat diketahui bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh adalah variabel harga dengan koefisien 0,267 sedangkan variabel yang berpengaruh rendah yaitu variabel promosi dengan nilai koefisien 0,156.
Kata Kunci : Promosi, Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian