PENGARUH MEREK PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK PIXY PADA BOROBUDUR SWALAYAN


Author (Penulis)

DEFI YULIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0255

Abstract

ABSTRAK Keinginan tampil segar dan cantik adalah dambaan setiap wanita. Salah satu cara untuk menunjang penampilan yang menarik adalah dengan menggunakan produk kecantikan. Setiap industri perawatan pribadi dan kosmetik dituntut untuk menciptakan suatu produk yang mempunyai keunggulan yang berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah merek produk, harga dan iklan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik PIXY pada Borobudur Swalayan. Variabel yang digunakan yaitu merek produk, harga, iklan, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Borobudur Swalayan Kediri dan sampel ditetapkan sebesar 10- 25 kali jumlah variabel yang digunakan., yang didapatkan sampel sebanyak 60 smpel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) merek produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,028, (2) harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000, (3) iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,001, (4) secara simultan variabel merek produk, harga dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000. Variabel yang dominan memberikan pengaruh terbanyak pada keputusan pembelian adalah variabel iklan dibuktikan dengan nilai beta paling tinggi dari variabel lainnya yaitu sebesar 0,403. Sedangkan variabel yang memberikan pengaruh paling sedikit terhadap Keputusan Pembelian yaitu variabel merek produk dibuktikan dengan nilai beta terkecil dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 0,242. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar penganbilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian. Kata kunci : Merek Produk, Harga, Iklan, dan Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI