PENGARUH MEREK PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK PIXY PADA BOROBUDUR SWALAYAN
Author (Penulis)
DEFI YULIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0255
Abstract
ABSTRAK
Keinginan tampil segar dan cantik adalah dambaan setiap wanita. Salah satu cara untuk
menunjang penampilan yang menarik adalah dengan menggunakan produk kecantikan. Setiap industri
perawatan pribadi dan kosmetik dituntut untuk menciptakan suatu produk yang mempunyai
keunggulan yang berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah merek
produk, harga dan iklan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik PIXY pada Borobudur
Swalayan.
Variabel yang digunakan yaitu merek produk, harga, iklan, dan keputusan pembelian. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen Borobudur Swalayan Kediri dan sampel ditetapkan sebesar 10-
25 kali jumlah variabel yang digunakan., yang didapatkan sampel sebanyak 60 smpel. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam
angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan
reliabel.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis
menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji
pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) merek produk secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,028, (2) harga secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000, (3) iklan secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,001, (4) secara
simultan variabel merek produk, harga dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai signifikan 0,000. Variabel yang dominan memberikan pengaruh terbanyak
pada keputusan pembelian adalah variabel iklan dibuktikan dengan nilai beta paling tinggi dari
variabel lainnya yaitu sebesar 0,403. Sedangkan variabel yang memberikan pengaruh paling sedikit
terhadap Keputusan Pembelian yaitu variabel merek produk dibuktikan dengan nilai beta terkecil
dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 0,242.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat
dijadikan dasar penganbilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian.
Kata kunci : Merek Produk, Harga, Iklan, dan Keputusan Pembelian