PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOTION MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOSERBA FLAMBOYAN PEHKULON
Author (Penulis)
DIANTI AYU WARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0245
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah tingkat persaingan didunia usaha sangat ketat, karena setiap pengusaha selalu berusaha meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Para pengusaha harus dapat menentukan strategi pemasaran agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toserba Flamboyan Pehkulon. (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Toserba Flamboyan Pehkulon. (3) promotion mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Toserba Flamboyan Pehkulon. (4) kualitas produk, haraga dan promotion mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Toserba Flamboyan Pehkulon.
Variabel bebas dari penelitian ini adalah kualitas produk, harga, promotion mix, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah accident sampling diperoleh 55 responden. Dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada toserba Flamboyan Pehkulon. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada toserba Flamboyan Pehkulon. (3) Promotion mix berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada toserba Flamboyan Pehkulon. (4) Secara bersama-sama atau secara simultan kualitas produk, harga, promotion mix berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada btoserba Flamboyan Pehkulon. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variable yaitu kualitas produk, harga, dan promotion mix memberi peran penting terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas produk, harga, promotion mix, dan keputusan pembelian