PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN GENTENG DI DESA NGRANTI KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATENTULUNGAGUNG
Author (Penulis)
YESI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0214
Abstract
ABSTRAK
Penentu kesuksesan dari sebuah industri diantaranya adalah cara pengelolaan yang baik dari semua pihak yang nantinya perusahaan dapat berkembang menjadi lebik baik. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu: kualitas produk, saluran distribusi yang dilakukan suatu industri atau dilaksanakan oleh pemimpin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada pembelian genteng di Desa Ngranti (2) Pengaruh saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen pada pembelian genteng di Desa Ngranti (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pembelian genteng di Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.
Dalam penelitian ini populasi tidak diketahui jumlahnya. Sampel terpilih sebanyak 86 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dan analisis hipotesis (uji t dan uji F) dengan software SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kualitas produk yang dilakukan oleh pemilik genteng di Desa Ngranti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2) Saluran distribusi yang dilakukan oleh pemilik genteng di Desa Ngranti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pemilik genteng di Desa Ngranti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Kualitas Pelayanan yang di lakukan oleh pemilik genteng di Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci : kualitas produk, saluran distribusi, kualitas pelayanan dan keepuasan konsumen