PENGARUH MERCHANDISING, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART ( Study pada Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri )
Author (Penulis)
ZUNAS PRASETIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0212
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menjamurnya berbagai bisnis berbelanjaan di kota maupun merambah sampai di daerah-daerah. kehadiran berbagai macam minimarket ini dapat memberikan pilihan yang tidak terbatas pada konsumen untuk menentukan tempat belanja yang diinginkan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah merchandising berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri? (2) Apakah lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri? (3) Apakah promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri? (4) Apakah merchandising, lokasi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri?
Penelititian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel merchandising dengan variabel keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri, dengan besar pengaruh variabel merchandising terhadap keputusan pembelian. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel lokasi dengan variabel keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri, dengan besar pengaruh variabel lokasi terhadap keputusan pembelian. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel promosi dengan variabel keputusan pembelian di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri, dengan besar pengaruh variabel promosi terhadap keputusan pembelian. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel merchandising, lokasi dan promosi secara simultan dengan variabel keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jalan Dr. Saharjo No. 207 Kota Kediri, dengan besar pengaruh terhadap keputusan pembelian.