PENGARUH PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RENTAL ALIF COMPUTER KEDIRI


Author (Penulis)

SUNARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0209

Abstract

ABSTRAK SUNARSIH. Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rental “Alif Computer” Kediri. Prodi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci : Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyak yang mengalami persaingan yang sangat ketat, dimana keberhasilan perusahaan dalam kompetisi ditentukan oleh tanggapan yang cepat terhadap perubahan kebutuhan maupun perilaku konsumen. Produsen dituntut meningkatkan kreativitas dan motivasi untuk memuaskan konsumen melalui penawaran jasa dengan pelayanan dan fasilitas yang semakin baik. Hal ini dilakukan perusahaan untuk dapat mempertahankan pelanggan agar terus memakai jasanya sehingga eksistensi perusahaan ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dapat terjaga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di rental Alif Computer Kediri. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas (X) yaitu produk (X1), harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3), serta variabel terikat (Y) yaitu kepuasan pelanggan. Populasinya adalah seluruh pengunjung rental Alif Computer Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang yang pernah melakukan pembelian produk di rental Alif Computer Kediri. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Accidental Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa : (1) Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rental Alif Computer. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rental Alif Computer. (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rental Alif Computer. (4) Secara bersama-sama atau secara simultan Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rental Alif Computer. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : (1) Bagi Manajer Perusahaan, yaitu diharapkan dapat melakukan dan meningkat kan inovasi terhadap perusahaannya. Seperti meningkatkan faktor pelayanan kepada pelanggan, menetapkan harga jual sesuai kemampuan dan daya beli pelanggan serta meningkatkan kualitas jasa sehingga dapat tercipta kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan pada Rental Alif Computer itu sendiri. (2) Bagi Peneliti Selanjutnya, Hasil penelitian ini dapat menjadi jembatan untuk melakukan penelitian lanjutan khususnya dibidang kajian yang sama. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI