ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK,KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN


Author (Penulis)

TRIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0207

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan waralaba yang bermunculan baik dari tradisional maupun modern. Namun persaingan bisnis retail memerlukan strategi yang kompeten dalam mengahdapi persaingan global. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis Pengaruh kualitas produk,kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Swalayan Macro Mart Mojoroto Kota Kediri baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria responden, diambil 40 responden dari konsumen Swalayan Macro Mart Mojoroto Kota Kediri untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa koefesien determinasi yang terlihat pada nilai R square sebesar 0,967 artinya, kemampuan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga dalam ketepatan memprediksi variasi variabel kepuasan konsumen di Macro Mart Mojoroto kota Kediri sebesar 96,7%, sedangkan sisanya 3,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang pada penelitian ini tidak diteliti. Dengan ini, dapat disimpulkan bahawa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Macro Mart Mojoroto Kota Kediri. Kata kunci: kualitas produk,kualitas pelayanan,harga dan kepuasan konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI