pengaruh promosi, harga,dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk sepatu ( Studi pada toko sepatu
Author (Penulis)
SEPTIAN TRI CAHYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0196
Abstract
Septian Tri Cahyo: Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian produk sepatu (Studi padaToko Sepatu “Dian” di pasar
Bandar kota Kediri)
Kata Kunci: Promosi, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh (1) Banyaknya perusahaan yang
waralaba yang bermunculan baik dari tradisional maupun modern (2) Persaingan
bisnis memerlukan strategi yang kompeten dalam menghadapi persaingan global.
Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga,
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu “Dian” di pasar bandar
Kota Kediri baik secara parsial maupun simultan.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah promosi, harga, kualitas produk
dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Pendekatan
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. metode
pengambilan sampel adalah purposive dengan teknik kuisioner, dari 40 responden
diambil dari toko sepatu “Dian” di pasar bandar Kota kediri untuk dijadikan
sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk
skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji
normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan
uji statistik secara simultan (uji F).
Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian produk sepatu “Dian” di
pasar bandar Kota Kediri, Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa
ada pengaruh yang signifikan antara harga barang terhadap keputusan pembelian
produk sepatu “Dian” di pasar bandar Kota Kediri, Berdasarkan hasil uji hipotesis,
dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk
terhadap keputusan pembelian produk sepatu “Dian” di pasar bandar Kota Kediri,
Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan variabel promosi, harga, dan kualitas produk secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk sepatu “Dian” di pasar bandar Kota Kediri.
Toko Sepatu “Dian” perlu menambah porsi promosi dalam meningkatkan
penjualan produknya, Setiap bidang usaha memiliki karakteristik konsumen
masing-masing, sesuai produk, pendekatan personal, layanan prima terhadap
konsumen menjadi keharusan bagi pemilik usaha, mengingat semakin hari
kompetisi dari usaha sejenis akan semakin ketat, Pada penelitian selanjutnya,
diharapkan untuk memperdalam teori keputusan pembelian yang dilakukan oleh
konsumen, memahami karakteristik konsumen.