PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri))


Author (Penulis)

SHINTA PRAWITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0192

Abstract

ABSTRAK Shinta Prawita Sari : Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap (studi kasus pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri), Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan gaya hidup di era globalisasi ini menyebabkan aktivitas masyarakat yang semakin padat juga adanya tuntutan pekerjaan dengan tekanan yang kuat dari instansi yang ada menyebabkan masyarakat membutuhkan makanan cepat saji dan praktis. Keadaan ini menjadi peluang bagi perusahaan baik kecil maupun besar untuk memproduksi mie instan sebagai salah satu makanan cepat saji yang menjadi pilihan oleh masyarakat Indonesia salah satunya yakni mie instan merek Mie Sedaap. Indikasi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya harga, kualitas produk, dan citra merek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis melakukan kegiatan pengumpulan data menggunakan kuisoner. Hasil dari penelitian ini adalah harga, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2014/2015 sebanyak 40 responden. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji determinasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=9,295+0,181X1+ 0,160X2+0,217X3. Kesimpulan hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa harga, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kediri. Secara simultan harga, kualitas produk, dan citra merek terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kediri, hal ini berarti, jika harga, kualitas produk, dan citra merek meningkat, maka akan meningkatkan keputusan pembelian produk mie instan merek Mie Sedaap.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI