ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ALFAMART Jl. JA SUPRAPTO No 11 MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

FIKRI ADMADANU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0189

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan waralaba yang bermunculan baik dari tradisional maupun modern. Namun persaingan bisnis retail memerlukan strategi yang kompeten dalam mengahdapi persaingan global. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Alfamart Jl. Jaka Agung No 11 Mojoroto Kota Kediri baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lokasi, harga dan promosi sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan teknik sampling accidental. 40 responden diambil dari konsumen Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No 11 Mojoroto Kota Kediri untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa koefesien determinasi yang terlihat pada nilai R square sebesar 0,967 artinya, kemampuan variabel lokasi, harga dan promosi dalam ketepatan memprediksi variasi variabel keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 11 Mojoroto kota Kediri sebesar 96,7%, sedangkan sisanya 3,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang pada penelitian ini tidak diteliti. Dengan ini, dapat disimpulkan bahawa variabel lokasi, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 11 Mojoroto Kota Kediri. Kata Kunci : Lokasi, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI