Pengaruh Produk Kenyamanan Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembeli Nasi Goreng Foodcord Di Kedai Joss Kediri Mall
Author (Penulis)
SUPRIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0187
Abstract
ABSTRAK
Supriyono : Analisis Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Joss Kediri Mall, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2017.
Kata Kunci : harga, kualitas produk ,lokasi, dan keputusan pembelian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sengitnya persaingan dalam bisnis kuliner oleh beberpa tenant yang mulai marak di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, salah satu tenant di foodcourt Kediri Mall yaitu Kedai Joss Kediri Mall yang menawarkan berbagai varian makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk , dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan pada Kedai Joss Kediri.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di Kedai Joss Kediri. Variabel bebas penelitian ini adalah tingkat harga (X1), kualitas produk (X2), lokasi (X3) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknik sampel accindental sampling. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5% dan uji statistik secara simultan (uji F). Penganalisan data menggunakan program SPSS 23.0
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel tingkat harga, kualitas produksi, dan lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel tingkat harga, kualitas produksi, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kedai Joss Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka penulis menyarankan untuk meningkatkan pejualan maka lebih menitik beratkan pada tingkat harga, kualitas produksi, dan lokasi. Dilihat dari kuesioner yang telah diisi oleh responden tersebut diperoleh data bahwa konsumen akan melakukan keputusan pembelian dengan selektif dan mempertimbangkan kepuasan yang akan mereka peroleh. Sehingga dengan menentukan tingkat harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas produk dan penentuan lokasi yang strategis akan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan penjualan.