PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ONLINE SHOP (Studi Pada Mahasiswi Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Author (Penulis)
USRYA INON AKFESAMBIGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0185
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perkembangan teknologi terus meningkat dan tumbuh pesat dimana perkembangan teknologi ini mempengaruhi perkembangan ekonomi. Khusus untuk media elektronik, ditandai dengan semakin berkembangnya dunia teknologi informasi. Saat ini dikenal adanya social network dimana chatting (obrolan) menjadi salah satu pilihan cara berkomunikasi dan banyak orang yang sudah menfaatkanya pada bidang promosi penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah diskriptif, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data membagikan kuesioner kepada responden. Adapun sampel terpilih sebanyak 50 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas untuk meneliti kemungkinan adanya sebab dan akibat antar variabel. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka implikasi praktis yang dapat dilakukan oleh pemilik online shop terkait dengan hasil penelitian ini adalah Harga, kualitas produk dan promosi pada online shop sudah cukup baik. Namun demikian, sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan dapat bersaing dengan produsen lain, maka untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, Harga, kualitas produk dan promosi perlu ditingkatkan lebih baik lagi. Selain itu juga mempromosikan produk yang ditawarkan dengan efektif dan efisien sehingga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen agar melakukan pembelian.