ANALISIS PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO PERTANIAN YUNIDA JAYA DI PUNCU KEDIRI
Author (Penulis)
OKTALOMI DIAN PERMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0178
Abstract
PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO PERTANIAN YUNIDA JAYA PUNCU KEDIRI
Oktalomi Dian Permana
12.1.02.02.0178
Fakultas Ekonomi - Manajemen
Oktalomi2@gmail.com
Poniran Yudho L, S.E., S.Psi., M.M., dan Faisol, S.Pd., M.M.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa harga, brand image, dan kualitas pelayanan yang dijalankan belum maksimal untuk membuat keputusan pembelian pada toko pertanian “Yunida Jaya” Puncu, Kediri, sehingga dibutuhkan pengkajian lebih lanjut. Karena selama ini keputusan pembelian masih membingungkan karena banyaknya pilihan produk.
Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri ?(2) Apakah Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri ?(3) Apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko“Yunida Jaya” Puncu Kediri ?(4) Apakah Harga, Brand image, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh sifnifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri ?
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada toko pertanian “Yunida Jaya” Puncu Kediri sebanyak 100 konsumen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan didapat hasil sampel sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri. (2) Brand Image berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri. (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri. (4) Harga, Brand image, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh sifnifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko “Yunida Jaya” Puncu Kediri.
KATA KUNCI : Harga, Brand image, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.