ANALISIS STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA RENTAL MOVIE ATLANTIC KEDIRI


Author (Penulis)

PUPUT KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0172

Abstract

Dunia usaha saat ini berkembang pesat di berbagai sektor usaha, baik sektor pariwisata atau sektor industri dunia hiburan, sehingga banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan. Melihat kondisi diatas pelaku usaha pada saat ini menghadapi tantangan untuk mendapatkan pangsa pasar sesuai dengan target yang diinginkan. Sedangkan konsumen dihadapkan pada berbgai alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhanya. Masyarakat sendiri saat ini menjadikan Rental Movie sebagai wahana hiburan yang sedang dilirik oleh banyak kalangan sebagai cara untuk memperoleh kesenangan dan kebutuhan mereka. Selain itu Rental Movie juga merupakan sebuah trend yang sedang berkembang di masyarakat karena perkembangan zaman saat ini. Dengan begitu pengusaha harus dapat mengenali bagaimana kebutuhan di dalam pasar dan keinginan dari para konsumen para era digital seperti sekarang ini dan tantangan apa saja yang saat ini sedang dihadapi. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi segmenting, targeting dan positioning pada Rental Movie Atlantic Kediri baik secara wawancara maupun melihat data yang telah ada. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis secara reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yang diolah dengan cara menjabarkan informasi yang telah didapatkan dari informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penentuan segmen pasar sangat penting dalam mengenali calon konsumen dan memastikan siapa yang potensial menjadi pelanggan. Segmenting dapat dibagi berdasar lokasi, usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, kebiasaan dan sebagainya. Penentuan targeting sangat tergantung dari hal-hal seperti karakter produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan pada segmen yang sudah dipilih. Targeting ini menentukan kepada siapa target market dari suatu produk, apakah kepada semua orang, sebagian orang atau orang-orang tertentu yang memiliki kekhususan. Positioning merupakan suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai di mana konsumen di dalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi Rental Movie Atlantic Kediri untuk berusaha menjaga strategi pemasaran yang sudah ada saat ini dan meningkatkan lagi dalam membaca segmen dan pangsa pasar yang ada sehingga akan mendapatkan banyak peluang untuk lebih banyak memperoleh konsumen dan memenuhi target yang telah dibuat oleh perusahaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI