PENGARUH ATMOSFER, KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CAFE MERDEKA NGANJUK


Author (Penulis)

PRIYO SUJATMIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0171

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perkembangan zaman dan gaya hidup masyarakat yang semakin maju, masyarakat yang dahulunya menggunakan waktu mereka hanya untuk makan dan bersantai saja di cafe kini telah berubah, dimana cafe tidak hanya sekedar tempat makan melainkan tempat sosialisasi atau bahkan tempat meeting bagi bara eksekutif. Dengan fenomena ini merupakan peluang bagi pengusaha cafe untuk menciptakan loyalitas pelanggan dengan cara membuat atmosfer yang nyaman, kualitas produk yang bagus serta brand image yang baik di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh atmosfer, kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan, pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel sebanyak 60 responden yang merupakan pelanggan Cafe Merdeka Nganjuk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah accidental sampling atau penentu sampel secara kebetulan. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu statistik yakni SPSS for windows versi 21.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Atmosfer, kualitas produk , dan brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini ditunjukkan pada nilai thitung variabel X1 = 2,544 dengan nilai signifikan 0,014, nilai thitung variabel X2 = 3,088 dengan nilai signifikan 0,003, nilai thitung variabel X3 = 3,079 dengan nilai signifikan 0,003yang berarti variabel X1,X2,X3 berpegaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai F hitung 74,236 dengan signifikan 0,000. Dengan menggunakan batas signifikans 0,05, nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian diperoleh hasil bahwa atmosfer, kualitas produk dan brand image secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI