PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN CAHAYA KEDIRI


Author (Penulis)

PUTRI ISNAINI YUNIA AMBAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0164

Abstract

ABSTRAK Putri Isnaini Yunia Ambar: Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Pelayanan, terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Cahaya Kediri Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Persaingan dalam dunia perdagangan yang semakin ketat mengharuskan pelaku usaha untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat, karena menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan juga menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Pergeseran pola hidup di msyarakat yang sudah mulai terbiasa untuk makan di luar rumah karena untuk efisiensi dan juga dijadikan sarana refreshing, bersama keluarga maupun kerabat.. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Cahaya. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk, promosi, dan pelayanan serta variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Rumah Makan Cahaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Pada analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji regresi linier berganda dengan program aplikasi SPSS Versi 21. Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh untuk variabel kualitas produk dengan nilai signifikansi sebesar 0,028; variabel promosi dengan nilai signifikansi sebesar 0,002; dan variabel pelayanan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan hasil penelitian menggunakan Uji F diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial dan secara simultan kualitas produk, promosi, dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Cahaya Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI