PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK, HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TENUN IKAT MEDALI MAS KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
RUKMANA LUFI APRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0163
Abstract
Penentu kesuksesan dari sebuah perusahaan diantaranya adalah cara pengelolaan yang baik dari semua pihak yang nantinya perusahaan dapat berkembang menjadi lebik baik. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu: pengembangan produk, harga yang ditawarkan, dan saluran distribusi yang dilakukan perusahaan atau dilaksanakan oleh pemimpin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh pengembangan produk terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat Medali Mas Kediri. (2) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat Medali Mas Kediri. (3) Pengaruh saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada Tenun Ikat Medali Mas Kediri.
Dalam penelitian ini populasi berjumlah 120 orang. Sampel terpilih sebanyak 55 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dan analisis hipotesis (uji t dan uji F) dengan software SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan produk yang dilakukan Pimpinan Tenun Ikat Medali Mas Kediri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Harga yang ditawarkan Pimpinan Tenun Ikat Medali Mas Kediri berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Saluran distribusi yang dilakukan Pimpinan Tenun Ikat Medali Mas Kediri berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Pengembangn Produk, Harga, dan Saluran Distribusi yang di terapkan oleh pimpinan Tenun Ikat Medali Mas Kediri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.