PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK HANGER KAWAT PADA CV RICO PRODUCTION DI KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
NURUL AFIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0161
Abstract
ABSTRAK
NURUL AFIDAH : Pengaruh Produk, Harga, Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Hanger Kawat Pada CV Rico Production Di Kabupaten Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2016.
Kata kunci : Produk, Harga, Distribusi, Promosi, dan Keputusan Pembelian
Persaingan dalam dunia perdagangan yang sangat ketat mengharuskan pelaku usaha untuk memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan baik dalam produk, harga, distribusi dan promosi yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Hanger Kawat Pada CV Rico Production Di Kabupaten Kediri.
Variabel yang digunakan yaitu produk, harga, distribusi, promosi, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.200 konsumen dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, yang didapatkan sampel sebanyak 44 smpel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,002 dan nilai beta 0,261, harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai beta 0,364, distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,012 dan nilai beta 0,210, promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 dan nilai beta 0,445. Secara simultan variabel produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000. Variabel yang dominan memberikan pengaruh terbanyak pada keputusan pembelian adalah variabel promosi dibuktikan dengan niali beta paling tinggi dari variabel lainnya yaitu sebesar 0,445. Sedangkan variabel yang memberikan pengaruh paling sedikit terhadap Kinerja pegawai yaitu variabel distribusi dibuktikan dengan nilai beta terkecil dibanding variabel lainnya yaitu sebesar 0,210.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar penganbilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian.