PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ELEKTRONIK JAYA DI KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
MUHAMMAD NASRUL HAKIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0159
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian yang di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga yang terjangkau, keragaman produk yang lengkap, serta Lokasi yang strategis dapat menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada Toko Elektronik Jaya di Mojo.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pemebelian.(2) Seberapa besar pengaruh keragaman produk teradap keputusan pembelian. (3) Seberapa besar pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian (4). Seberapa besar pengaruh harga, keragaman produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Elektronik Jaya.
Jenis metode Penelitian ini penelitian survey dengan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang dipilih secara non probability sampling yang menggunakan pendekatan aksidental sampling, sampel yang di ambil 32 respoden/konsumen, dan data responden di olah menggunakan softwer spss versi 20. Analisis kuantitatif, menggunakan pengujian instrumen dan analisis regresi linear berganda, hasil berupa angka-angka tersebut kemudian di tarik kesimpulan.
Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara mandiri berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa secara bersamaan ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan jika semakin baik/ tinggi nilai variabel harga, keragaman produk, dan lokasi maka akan meningkatkan nilai keputusan pembelian diToko Elektronik Jaya.
Kata Kunci: Harga, Keragaman Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.