Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie Pada Masyarakat Kota Kediri Tahun 2016
Author (Penulis)
RIMA SOFIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0146
Abstract
ABSTRAK
Rima Sofiana: Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie Pada Masyarakat Kota Kediri Tahun 2016.
Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian.
Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha saat ini. Banyak perusahaan yang bersaing untuk menarik para konsumen terhadap barang yang ditawarkan hal ini sangat dipengaruhi oleh (1) produk yang dilihat dari nama merek, pengemasan, mutu, (2) harga yang dinilai dari keterjangkauan, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, (3) promosi dilihat dari periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan dan (4) tempat dilihat dari ketersediaan produk, tempat distribusi, bentuk saluran distribusi. Untuk itu perusahaan harus lebih tanggap terhadap apa yang harus dilakukan terkait dengan kelangsungan hidup usahanya, karena konsumen akan semakin selektif dalam melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhannya sebab (5) keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh adanya kemantapan pada sebuah produk, rekomendasi produk, melakukan pembelian ulang.
Permasalahan dari penelitin ini adalah pengaruh produk, harga, promosi dan tempat secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016. Pengaruh produk, harga, promosi dan tempat secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu peneliti mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data. Sampel yang diteliti adalah sebanyak 50 orang. Data yang terkumpul yang berasal dari data primer dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa (1) produk secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016, (2) Harga secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016, (3) Promosi secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016. (4) Tempat secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016, hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Pradana (2011), Ika (2010), Jilly (2013) Vina S (2012) dan M Shofa (2014). (5) Produk, harga, promosi dan tempat secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada masyarakat kota Kediri tahun 2016, hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Vina S (2012) dan M Shofa (2014).