PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri)


Author (Penulis)

NUR YUSUF EFFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0129

Abstract

Abstrak Nur Yusuf Effendi, NPM. 12.1.02.02.0129 : Pengaruh Harga, Promosi, dan Label Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri), Skripsi, Manajemen FE, UN PGRI, 2016. Persaingan bisnis di era modern khususnya pasta gigi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Saat ini banyak sekali muncul produk pasta gigi yang menjual bermacam variasi dengan harga, promosi dan label yang sangat baik dan tidak terkecuali pasta gigi merk Pepsodent berinduk Unilever. Jika tidak ingin kalah maka Pepsodent harus memiliki strategi yang bagus. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian? (2) Apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian? (3) Apakah terdapat pengaruh label terhadap keputusan pembelian? (4) Apakah harga, promosi, dan label secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian?. Penelitian ini menggunakan penelitian survei deskriptif, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UN PGRI Kediri yang merupakan konsumen dari Unilever pasta gigi Pepsodent. Adapun sampel terpilih sebanyak 55 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada orang pengguna pasta gigi Pepsodent yang mudah dijumpai. Data yang terkumpul yang berasal dari data primer dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS20. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pepsodent. (2) Promosi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pepsodent. (3) Label produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pepsodent. (4)Harga produk, Promosi produk dan Label produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Menjaga tingkat dan kestabilan harga antara harga produk dengan harga produk yang dimiliki kompotitor. (2) Pihak perusahaan harus lebih efektif meningkatkan program promosi agar tidak terdepak oleh munculnya pesaing baru yang lebih mengutamakan promosi. (3) Menjaga label agar tetap informatif dan meningkatkan kelengkapan informasi label agar konsumen lebih teredukasi. Berdasarkan hasil penelitian masih ada pengaruh dari variabel di luar variabel yang ada dalam penelitian ini yakni sebesar 37,9%. Hal ini dapat menjadi bahan untuk melakukan penelitian lanjutan dalam waktu yang akan datang dengan memasukkan variabel diluar variabel yang sudah ada dalam penelitian ini. Kata kunci: keputusan pembelian, harga, promosi, dan label.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI