ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM OPTIMASI PELAYANAN PADA BIOSKOP GOLDEN THEATRE KEDIRI
Author (Penulis)
LUKAS FEBRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0127
Abstract
Abstrak
Lukas Febrianto 12.1.02.02.0127: Analisis Sistem Antrian Dalam Optimasi Pelayanan Pada Bioskop Golden Theatre Kediri, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Antrian, Pelayanan, Optimal
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sistem antrian di Golden Theatre Kediri masih kurang optimal. Akibatnya terjadi antrian yang panjang ,yang menjadi ketidak efesiensian loket.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana model karakteristik sistem antrian yang sudah ada guna menciptakan suatu layanan yang prima bagi para pelanggan (2) Bagaimana mengoptimalkan antrian yang sangat panjang pada bagian loket.
Penelitian ini menggunakan Penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Menurut Sukmadinata (2006:5) Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel bebas, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Penggambaran kondisi bisa individual atau menggunakan angka-angka.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)Dengan menggunakan Model struktur antrian yang digunakan oleh Golden Theatre Kediri adalah Multi Channel-Single Phase dan melayani konsumen dengan disiplin antrian First Come First Serve (FCFS) dimana konsumen yang datang pertama akan dilayani terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi antrian .(2) Dengan menggunakan Model antrian Multi Channel-Single Phase penambahan loket pelayanan di Golden Theatre Kediri menjadi lebih optimal.