PENGARUH HARGA, EKUITAS MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA NOTEBOOK ACER (STUDI PADA MAHASISWA UN PGRI KEDIRI FAKULTAS EKONOMI)


Author (Penulis)

JUNIAR PUJI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0117

Abstract

????Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat ini perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal dan serta maraknya notebook yang beredar di Indonesia menimbulkan persaingan antara produsen satu dengan produsen lain. Berbagai merek notebook dengan beragam variasi dari segi harga, ekuitas merek, dan kualitas produk yang kuat membuat semakin banyak pilihan dalam menentukan keputusan pembelian notebook. ????Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian notebook Acer (2) Mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian notebook Acer (3) Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian notebook Acer (4) Mengetahui pengaruh harga, ekuitas merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian notebook Acer. ????Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yakni untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data yaitu menguji hubungan atau pengaruh masing-masing variabel.Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri tahun 2016 yang berjumlah 2105 orang. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden yang menggunakan teknik purpose quota sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis. ????Nilai signifikan hasil perhitungan Uji t variabel bebas terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian adalah sebagai berikut: dengan t tabel sebesar 2,028 dengan tingkat signifikan 0,000 maka diperoleh hasil uji t untuk variabel harga (X1) diperoleh t hitung 5,094>2,028, untuk variabel ekuitas merek (X2) diperoleh t hitung 4,857>2,028, untuk variabel kualitas produk (X3) diperoleh t hitung 7,818>2,028, hal ini berarti secara parsial dari masing – masing variabel harga, ekuitas merek, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian notebook Acer. Nilai signifikan hasil perhitungan Uji F variabel bebas terhadap variabel terikat Keputusan pembelian, adalah 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 24,809>2,84 hal ini berarti secara simultan Harga (X1), Ekuitas Merek (X2), dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian(Y). ????Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dimensi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian notebook Acer. (2) dimensi ekuitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian notebook Acer. (3) dimensi kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian notebook Acer. (4) secara simultan variabel Harga, Ekuitas Merek, dan Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian notebook Acer. Kata Kunci: Harga, Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI