ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOSMETIK MERK POND’S DI GOLDEN SWALAYAN KEDIRI
Author (Penulis)
ELLSA SAFIRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0115
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah semakin ketatnya persaingan dalam
dunia bisnis produk kecantikan, mengharuskan perusahaan untuk dapat memiliki
keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Pemasaran dipandang penting oleh
perusahaan sebagai salah satu usaha terintegrasi membuat produk untuk memenuhi
kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1)
pengaruh variabel x secara parsial terhadap minat pembelian (2) pengaruh variabel x
secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Merk Pond’s di Golden Swalayan
Kediri.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Variabel
bebas dari penelitian ini adalah kualitas produk, promosi, pelayanan sedangkan variabel
terikatnya adalah minat beli. Peneli tian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah random simple diperoleh 41
responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan
mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Penganalisisan data menggunakan bantuan
program SPSS for windows versi 21.
Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu
adalah kualitas produk, promosi, pelayanan berpengaruh terhadap minat beli. Hasil uji
secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (kualitas produk, promosi, pelayanan
secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Dapat
disarankan bagi perusahaan diharapkan untuk bisa mempertahankan hal tersebut bahkan
ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya
Kata kunci : Kualitas produk, promosi, pelayanan dan minat beli