PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWA UNVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
KARISMA NUR NGAISAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0113
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas dan Asosiasi Merek, dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2016.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, kemudian untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. kemudian untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek terhadap keputusan pembelian. Dan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yakni untuk mendapatkan data daritempat tertentu yang alamiah (bukanbuatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data yaitu menguji hubungan atau pengaruh masing-masing variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri tahun 2016 yang berjumlah 8787 orang. Sampel yang diambil sebanyak 150 responden yang menggunakan teknik sampling Stratified Random Sampling. Teknikanalisi smenggunakan uji validitas, uji reliabilitas, ujia sumsi klasik, analisi sregresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah variable kesadaran merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek wardah. Variabel persepsi kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variable asosiasi merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan variable kesadaran merek, persepsi merek, asosiasi merek memiliki pengaruh terhadap yang signifikan terhadap variable keputusan pembelian.