pengaruh keragaman produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di swalayan koptan jasa tirta
Author (Penulis)
MARETHA ISHA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0093
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang pesat dalam bidang usaha. Sejalan dengan hal tersebut banyak bermunculan perusahaan dagang yang bergerak pada bidang eceran (retailing) yang berbentuk toko, mini market, departement store (toserba), pasar swalayan (supermarket) dan lain-lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh keragaman produk terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Koptan Jasa Tirta ? (2) Apakah ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Koptan Jasa Tirta ? (3) Apakah ada pengaruh keragaman produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Koptan Jasa Tirta ?
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Variabel bebas dari penelitian ini adalah keragaman produk dan pelayanan, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t, dan uji F. Pada penelitian ini populasinya tidak dapat diketahui secara pasti atau infinite sehingga dapat ditentukan dengan menggunakan rumus dan ditetapkan sampel sebanyak 100.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasankonsumen Swalayan Koptan Jasa Tirta. (2) pelayanan berpengaruh signifikanterhadap kepuasan konsumen swalayan Koptan Jasa Tirta. (3) secara simultan (bersama) keragaman produk dan pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen swalayan Koptan Jasa Tirta.
Kata kunci : Keragaman Produk, Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen.