PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TOSERBA WIRYA WIJAYA GANDUSARI
Author (Penulis)
EKA WARSANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0087
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan pelanggan dalam melakukan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan pihak perusahaan. Loyal atau tidak pelanggan terhadap suatu produk perusahaan sangat tergantung pada kemampuan manajemen perusahan dalam mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi kesetiaan pelanggan seperti keberagam produk, harga dan suasana toko yang nyaman merupkan faktor penting yang harus diperhatikan pihak Toserba Wirya Wijaya Gandusari.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas konsumen Toserba Wirya Wijaya Ganduasi (2) apakah pengaruh kelengkapan produk terhadap loyalitas konsumen Toserba Wirya Wijaya Ganduasi (3) apakah pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen Toserba Wirya Wijaya Ganduasi (4) apakah pengaruh store atmosphere, kelengkapan produk dan harga terhadap loyalitas konsumen Toserba Wirya Wijaya Ganduasi.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel accidental sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini store atmosphere (X1), kelengkapan produk (X2), dan harga (X3), Sedangkan variabel terikat adalah loyalitas konsumen (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi21.
Kesimpulan hasil penelitian adalah secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu variable store atmosphere, kelengkapan produk, harga, yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen(Y). Secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (store atmosphere, kelengkapan produk, harga secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan nilai koefisien Adjusted R2 sebesar 0,892 yang berarti bahwa 89,2% loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variable independen dan sisanya sebesar 10,8%. dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Store atmosphere, kelengkapan produk, harga dan loyalitas konsumen.