PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UN PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
NANING TRIWAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0084
Abstract
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilikan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk, seperti produk, harga dan promosi. Keputusan pembelian konsumen bisa dilakukan terhadap banyak produk, salah satunya adalah hp OPPO.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian hp OPPO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Data yang digunakan adalah data primer. Lokasi penelitian ini berada di UN PGRI Kediri lebih tepatnya di Fakultas Ekonomi.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi UN PGRI Kediri. Sampel penelitian ini sebanyak 40 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parisal maupun simultan kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka sebesar 0,384 atau 38% yang artinya keempat variabel bebas mempengaruhi variabel terikatnya sebesar 38%.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu bahwa kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk. Perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan kualitas produknya,melanjutkan kegiatan promosi yang sudah ada, dan senantiasa berinovasi pada produknya.