PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UN PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

NANING TRIWAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0084

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilikan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk, seperti produk, harga dan promosi. Keputusan pembelian konsumen bisa dilakukan terhadap banyak produk, salah satunya adalah hp OPPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian hp OPPO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Data yang digunakan adalah data primer. Lokasi penelitian ini berada di UN PGRI Kediri lebih tepatnya di Fakultas Ekonomi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi UN PGRI Kediri. Sampel penelitian ini sebanyak 40 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel kualitas produk, harga, dan promosi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parisal maupun simultan kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka sebesar 0,384 atau 38% yang artinya keempat variabel bebas mempengaruhi variabel terikatnya sebesar 38%. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu bahwa kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian suatu produk. Perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan kualitas produknya,melanjutkan kegiatan promosi yang sudah ada, dan senantiasa berinovasi pada produknya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI