PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DEALER PUTRA RINJANI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus Pada Jalan Raya Blitar (Ngunut) Kabupaten Tulungagung)
Author (Penulis)
INTAN FISNA MAYASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0079
Abstract
ABSTRAK
Intan Fisna Mayasari : “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Putra Rinjani Kabupaten Tulungagung” Skripsi, Manajemen, FE Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci :Pengaruh harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen
Latar belakang dalam penelitian ini adalah dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, mengharuskan perusahaan untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Strategi pemasaran merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan menjaga kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh kualitas prouk terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (4) pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Dealer Putra Rinjani Kabupaten Tulungagung.
Variabel bebas dari penelitian ini adalah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan rumus Slovin diperoleh 50 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 21.
Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa (1) harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) kualitas prouk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dapat disarankan bagi perusahaan diharapkan untuk bisa mempertahankan hal tersebut bahkan ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya