pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan purnama onix marmer


Author (Penulis)

FIRNANDA DWI NURIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0077

Abstract

Firnanda Dwi Nuriawati:Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Purnama Onix. Katakunci:Kualitas Pelayanan,Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dapat diwujudkan dengan memberikan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang baik dan berkualitas. Permasalahanpenelitianiniadalah (1) apakahkualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan?(2) Apakahkualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan?(3) Apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan?(4) Diantara kualitas pelayanan dan kualitas produk manakah yang paling dominan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan? Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada 40 orang sebagai sampel yang berkunjung ke Purnama Onix Marmer secara Accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reabilitas untuk kuesioner, uji asumsi klasik untuk variabel, dan uji koefisien determinasi untuk kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasilpenelitianiniadalah(1) Pengujian secara parsial membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Pengujian secara parsial membuktikanbahwa variabel kualitas produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.(3) Pengujian secara simultan membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.(4)Variabel paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Purnama Onix Marmer adalah pada variabel kualitas pelayanan (X1) dengan nilai koefisien 0,980, sedangkan variabel kualitas produk (X2) sebesar 0,596. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan perusahaan harus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk pada Purnama Onix Marmer. Hal tersebut sangat penting dilakukan karena telah terbukti kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI