PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PARADISO FURNITURE KEDIRI
Author (Penulis)
ENDAH SETYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0076
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perkembangan bisnis furniture yang semakin pesat membuat persaingan bisnis meningkat, sehingga sangat diperlukan keunggulan kompetitif untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan atas pembelian, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan variabel yang sesungguhnya mempengaruhi keputusan pembelian yang perlu menyusun instrumen pengumpulan data secara terstruktur dan formal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Paradiso Furniture kediri? (2) Apakah variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Paradiso Furniture kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan adalah deskriptif.. Obyek penelitian ini adalah Paradiso Furniture Kediri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebesar 3.600 konsumen pada tahun 2015. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan Software SPSS for windows versi 21. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan variabel produk adalah 0,049 < 0,05, nilai signifikan variabel harga adalah 0,004 < 0,05, niali signifikan variabel distribusi adalah 0,002 < 0,05, niali signifikan variabel promosi adalah 0,002 < 0,05 yang berarti bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil analisis uji F diperoleh diperoleh nilai signifikan adalah 0,000. 0,05 hal ini berarti bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Paradiso Furniture Kediri. (2) bauran pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Paradiso Furniture Kediri. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan bagi pihak manager dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian. Untuk peneliti selanjutnya diharapakn menambah variabel lain untuk mendapatkan temuan baru mengenai apa saja yang dapat meningkatkan keputusan pembelian
Kata kunci: Produk, Harga, Distribusi, Promosi dan Keputusan Pembelian