Analisis Pengaruh E-Marketing, Networking dan Quality Control Produk terhadap Kinerja UMKM di Kota Kediri


Author (Penulis)

ERLINA SEPTIANA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0072

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penyumbang ABMN dan APBD yang telah terbukti mampu bertahan ditengan gempuran krisis ekonomi ditahun 1998 hingga kini pada 2017. Namun masih sedikitnya kajian ilmiah mengenai Kinerja UMKM khusunya dikota Kediri dalam meningkatkan daya saing di era globalisasi yang menuntut adanya solusi yang komplek untuk menjawab tuntutan pasar. Selain perbaikan kualitas produk, era globalisasi juga menuntut penguasaan terhadap teknologi terlebih abad ke 20 dimana era digital memegang peranan penting dalam penjaringan konsumen potensial yang tidak terback-up oleh cara konvensional. Dimana berdasarkan data yang direalis oleh KOMINFO dalam laman resminya terdapat 82 juta pengguna internet di Indonesia. Kemitraan kini juga menjadi tren dikalangan pengusaha dalam menghadapi persaingan yang ketat dimana jalinan pengusaha ini menjadi ruang untuk bertukar informasi dan bekerjasama memenuhi permintaan pasar. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di kota Kediri yang secara umum memiliki komitmen terhadap keunggulan bersaing melalui peningkatan pengeloaan kinerja dengan total sampel 40 UMKM yang diseleksi melalui teknik pengambilan kuota sampling dn di analisis menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS versi 20.0 untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap kinerja UMKM. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-marketing, networking, dan quality control secara simultan tidak berpengaruh terhadap kinerja dari UMKM dikota Kediri. Sedang berdasarkan hasil kajian pustaka didapati jika variabel e-marketing, networking, dan quality control berpengaruh terhadap kinerja, dari hasil observasi diperoleh jika ini disebabkan oleh permasalah yang komplek mulai dari tidak adanya manajemen yang jelas dalam pengelolaan media internet, terlalu sering meng-upload produk, hingga tidak adanya mitra dalam berbisnis dan permasalahan lain yang berimbas pada kinerja dari UMKM.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI