pengaruh segmentasi pasar, kebijakan promosi, dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian di Alfamart jalan kko harun kota kediri


Author (Penulis)

FITRI WARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0061

Abstract

ABSTRAK Fitri Warianti : Pengaruh segmentasi pasar, kebijakan promosi dan atmosfer toko terhadap keputusan pembelian di Alfamart Jl. Kko Harun Kota Kediri Tahun 2016, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Segmentasi Pasar, Kebijakan Promosi, Atmosfer Toko, dan Keputusan Pembelian Dengan meningkatnya perkembangan Alfamart, pihak pengusaha dituntut untuk lebih jeli dan cermat dalam menarik konsumen guna mendapatkan kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan konsumen maka diperlukan adanya segmentasi pasar, kebijakan promosi dan kesesuaian atmosfer toko guna mempengaruhi minat beli konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah variabel X secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. (2) apakah variabel X secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 konsumen dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari data primer dengan menggunakan analisis secara deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS (Statitical Program For Social Science) versi 20.0. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada responden. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa (1) Segmentasi pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.(2) Kebijakan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.(3) Atmosfir toko secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Segmentasi pasar, Kebijakan promosi, dan Atmosfer toko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : bagi pemilik dan pengelola Alfamart Jl. Kko Harun Kota Kediri dianjurkan untuk terus mengembangkan usahanya dan terutama berfokus pada atmosfer toko yaitu dengan memberikan perhatian selektif sehingga pemasar harus bekerja keras untuk menarik perhatian konsumen, menjaga kondisi kebersihan dan kenyamanan toko sehingga konsumen akan betah dan nyaman, dengan begitu tidak tergoda untuk berpindah ke toko lain. Bagi penelitian selanjutnya, dianjurkan untuk menggunakan teknik statistik yang dapat menyempurnakan hasil penelitian ini. Selain itu, penyertaan variabel-variabel lain misalnya lokasi, harga, promosi, periklanan dan promosi, atmosfer dalam gerai dan pelayanan ritel, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti faktor lingkungan, faktor sosial, faktor teknologi dan lain sebagainya dalam analisis penting untuk dipertimbangkan sehingga hasil penelitian lebih representatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI