PENGARUH CITA RASA PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN TEMPAT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KEDAI ES TELLER77 CABANG HYPERMART KEDIRI TOWN SQUERE


Author (Penulis)

FAJAR IBNU RODLI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0055

Abstract

ABSTRAK Perkembangan usaha di Kediri telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan disegala bidang. Salah satunya adalah persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. Dalam hal ini para pelaku usaha harus melakukan stategi bisnis yang tepat untuk memenangkan persaingan. Es Teller77 adalah salah satu bisnis kuliner di Kediri yang tentunya ingin memenangkan persaingan maka Es Teller77 melakukan stategi bisnis untuk menciptakan loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini diambil variabel cita rasa produk, kualitas pelayanan dan tempat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah cita rasa produk mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen? (2) apakah kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen? (3) apakah tempat mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen? (4) apakah cita rasa produk, kualitas pelayanan dan tempat secarastimultan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari 50 responden konsumen Es Teller77 dengan menggunakan koeisioner. Selanjutnya hasil koeisioner tersebut diuji menggunakanan alisis regresi berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah cita rasa produk diambil indikator bau, rasa dan rangsangan mulut dan setelah diujiterbukti bahwa nilai (t hitung= -2,143)> t tabel (1,671) hal ini berarti cita rasa produk berpengaruh negatif pada loyalitas konsumen. Sedangkan variabel kualitas pelayanan diambil indikator jaminan, empati dan bukti fisik hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (t hitung= 2,054) jauh lebih besar dari pada nilai t tabel (1,671) yang artinya kualitas pelayanan secara parsial dan signifikan berpengaruh pada loyalitas konsumen dan variabel tempat diambil indikator saluran, cakupan dan lokasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung dari variabel loyalitas konsumen (t hitung =8,456) jauh lebih besar dari nilai t tabel (1,671). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa cita rasa produk, kualitas pelayanan dan tempat secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Terbukti nilai F hitung =24,262 jauh lebih besar dari nilai t table ( 1,671). Disamping itu nilai signifikansi yang dimiliki sebesar 0,020 jauh lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditetapkan yakni sebesar 0,05. Penelitian ini menggunakan kajian penelitian terdahulu yang digunakan sebagai acuanya itu DarlinaYuniasari (2013) yang menyatakan bahwa cita rasa produk mempengaruhi Loyalitas konsumen secara signifikan dan positif. Namun hasil penelitian ini berbanding terbalik dengan penelitian yang saya lakukan. Kata Kunci : Cita Rasa Produk, Kualitas Pelayanan, Tempat dan Loyalitas Konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI