PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, IKLAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN GREENLAND GAJAH MADA KWADUNGAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

GABI WINDIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0052

Abstract

ABSTRAK

 

Latar belakang penelitian ini karena bisnis properti khususnya perumahan di Jawa Timur memiliki peluang yang semakin meningkat. Tetapi area perumahan yang tidak berkembang dan tidak ada perluasan lahan akan membuat nilai properti cenderung turun. Greenland Gajah Mada Kediri perluasan lahan dalam pembangunan tahap kedua. Sehingga perlu dilakukan analisis mengenai apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian perumahan. Sehingga peneliti bertujuan menganalisa pengaruh kualitas produk, harga, iklan dan lokasi terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Keadungan Kabupaten Kediri.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dari angket yang diberikan kepada responden. Untuk populasi penelitian ini adalah penghuni perumahan Greenland Gajah Mada tahap 1 sebanyak 100 penghuni. Sedangkan, pengambilan sampel dilakukan dengan perhitungan taraf kesalahan metode yang dikemukan Isaac dan Michael yakni, sampel sebanyak 80 penghuni. Untuk analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis hipotesis regresi linier, maka diketahui bahwa secara parsial: 1) Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Kwadungan Kabupaten Kediri; 2)Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Kwadungan Kabupaten Kediri;  3) Iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Kwadungan Kabupaten Kediri; 4) Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Kwadungan Kabupaten Kediri; dan 5) Ada pengaruh secara simultan kualitas produk, harga, iklan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian perumahan Greenland Gajah Mada Kwadungan Kabupaten Kediri.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk bangunan supaya konsumen lebih puas lagi, memberikan harga yang lebih ringan dan sesuai dengan tipe rumah serta keunggulannya makinditingkatkan, memberikan informasi yang lebih akurat antara iklan dengan kenyataan dari perumahan Greenland Gajah Mada, memperluas area untuk membuka usaha di lokasi perumahan Greenland Gajah Mada dan memberikan kemudahan dalam pembelian yang mengggunakan metode KPR.

 

KATA KUNCI  : Kualitas Produk, Harga, Iklan, Lokasi, Keputusan Pembelian


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

            . 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan kelima. Bandung: CV Alfabeta.

            . 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan ketujuh. Bandung: CV Alfabeta.

Baum, Feigen. 2012. Kendali Mutu Terpadu (alih bahasa). Jakarta: Erlangga

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA Vol 1 No. 3. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Gerson, Richard. F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PPM.

Gerung, dkk.  2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. ISSN 2303-1174.Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handayani, Aprilia. dkk. 2014. Pelatihan SPSS. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kotler dan Armstrong, G. 2011. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: Indeks,

                                        . 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

                                        .. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran.. Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, dan Keller, 2012 .Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Terjemahan. Jakarta: Penerbit Indeks,

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 11 jilid 1 dan 2 Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks,Jakarta.

                      . 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 15 jilid 1 dan 2 Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks,Jakarta.

Situmorang, L. Irwanty. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja Di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017. Universitas Pekanbaru.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).  Edisi 8. Bandung: Alfabeta,

Syaleh, Hariman. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING)  Volume 1 No 1, Desember e-ISSN : 2597-5234. STIE Haji Agus Salim Bukittinggi.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2010. Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Andi

Tjiptono. 2012. Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 11. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Walukow, Dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusapembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1737-1749. Universitas Sam Ratulangi Manado.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI