PENGARUH PELAYANAN,PENENTUAN HARGA,DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO NARIMO DI DESA PESANTREN KECAMATAN PESANTRENKOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ARIYANSYAH MEGANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0051

Abstract

ABSTRAK Ariyansyah Megantoro : Pengaruh Pelayanan,Penentuan Harga,dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada toko Narimo Desa Pesantren Kecamatan Pesantren Kota Kediri , Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi, UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Pelayanan, Penentuan Harga dan Lokasi dan Kepuasan konsumen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perusahaan ritel yang bermunculan baik dari tradisional maupun modern namun persaingan bisnis retail memerlukan strategi yang kompeten dalam mengahdapi persaingan global. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, penentuan harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen toko Narimo baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan, penentuan harga, lokasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan eksplanatory. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling accidental, dari 40 responden diambil dari konsumen toko Narimo di Kota kediri untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel pelayanan, penentuan harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (pelayanan, penentuan harga dan lokasi) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai nilai R Square sebesar 0,882 artinya kemampuan variabel pelayanan (X1), harga (X2), dan lokasi (X3) dalam ketepatan memprediksi variasi variabel kepuasan konsumen toko Narimo desa Pesantren Kota Kediri sebesar 88,2%, sedangkan sisanya 11,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang pada penelitian ini variabel tersebut tidak diteliti.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI