PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN KOPTAN KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

BINTAN AYUMAHARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0048

Abstract

Perkembangan usaha retail di tanah air yang cukup pesat ditunjukkan dengan munculnya usaha retail dari kelas minimarket, supermarket, toserba, department store sampai kelas hypermarket. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara parsial dan simultan apakah ada pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Koptan Jasa Tirta Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan adalah deskriptif. Obyek penelitian ini adalah pada swalayan Koptan Jasa Tirta Tulungagung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel secara accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini sebesar 160 konsumen. Diperoleh sampel sebanyak 44 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuisioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil semua pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dengan analisis grafik dan analisis statistik, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan uji t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows. Hasil penelitian ini secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,003, dengan nilai T hitung sebesar 3,186, dan T tabel 2,028. Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, dengan nilai T hitung sebesar 4,066, dan T tabel 2,028. Suasana Toko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,002, dengan nilai T hitung sebesar 3,350, dan T tabel 2,028. Sedangkan secara simultan harga, kualitas produk dan suasana toko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, dengan F hitung 18,276, dan F tabel 2,84. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan bagi pihak manager untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Suasana Toko dan Kepuasan Konsumen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI