ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAP DI KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

FEBY DIDIK PURNOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0046

Abstract

ABSTRAK Feby Didik Purnomo. Analisis Faktor Psikologis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedap di Kabupaten Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap dan keputusan pembelian. Faktor psikologis merupakan cara yang di gunakan untuk mengenali perasaan mereka, mengumpulkan dan menganalisis informasi, merumuskan pikiran dan pendapat dan mengambil tindakan. Pilihan pembelian seseorang di pengaruhi oleh empat faktor yaitu motivasi, presepsi, pembelajaran dan keyakinan dan sikap. Keputusan Pembelian adalah keputusan pembeli tentang merek mana yang di beli. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie sedap pada penjualan mie sedaap di Kabupaten Kediri. Teknik penelitian ini adalah teknik korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang mengkonsumsi Mie Sedap di Kabupaten Kediri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap secara simultan berpengaruh signifikan Terhadap keputusan pembelian produk Mie Sedap di Kabupaten Kediri, didasarkan perolehan nilai adjusted R square yang diperoleh sebesar 285. Hal ini berarti 28,5% dapat dijelaskan oleh variabel motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3) dan sikap (X4) sedangkan sisanya yaitu 71,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan masukan bagi pihak perusahaan untuk mengetahui faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen untuk mengkonsumsi produk yang di tawarkan sehingga pihak perusahaan akan dengan senantiasa menyusun strategi dalam rangka memenuhi harapan konsumen sehingga faktor psikologi perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI