UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI MEREK,HARGA DAN DESAIN PRODUK SEPATU VANS PADA KOMUNITAS MOTOR VESPA DI KEDIRI


Author (Penulis)

AGIL WARDHANISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0044

Abstract

Agil Wardhanisa : Upaya Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Ekuitas Merek, Harga, dan Desain Produk Sepatu Vans Pada Komunitas Motor Vespa Di Kediri. Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata kunci : Loyalitas Konsumen, Merek, Harga, Desain Produk

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsumen yang cenderung memilih produk sepatu yang memiliki merek terkenal, harga terjangkau, desain yang berbeda dan unik serta pengusaha yang ingin mempertahankan loyalitas dari konsumennya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan merek, harga dan desain produk terhadap loyalitas konsumen sepatu Vans pada komunitas motor Vespa di Kediri secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota “Komunitas Motor Vespa Kediri” yang berjumlah 50 orang. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan sampling jenuh / sensus. Sampel penelitian ini sebesar 50 anggota Komunitas Motor Vespa Kediri. Analisis menggunakan linier berganda dengan menggunakan software SPSS windows versi 23.

Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan merek Sepatu Vans terhadap Loyalitas konsumen secara parsial, (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan harga Sepatu Vans terhadap Loyalitas konsumen secara parsial, (3) Ada pengaruh yang signifikan desain produk Sepatu Vans terhadap loyalitas konsumen secara parsial dan (4) Ada pengaruh yang signifikan merek, harga dan desain produk Sepatu Vans secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada Komunitas Motor Vespa Kediri. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan sepatu Vans, sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan merek dan desain produk agar konsumen semakin loyal.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

 

Aaker, D.A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Jakarta : Salemba Empat

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung : Alfabeta

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dewanto, F.A. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi, hal : 1 – 21

Dwiastuti, R., Agustina S, & Riyanti I. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.

Fadilah, R. Tanpa Tahun. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Customer Loyality Sepatu Vans. Naskah Publikasi,  hal : 1-17

Ginting, R. 2010. Perancangan Produk. Yogyakarta : Graha Ilmu

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet  dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handoko, T.H. 2009. Manajemen. Yogyakarta : BPFE

Hurryati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Koch, R. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat

Kotler, P dan Amstrong, G. 2013. Principle of Marketing. Global Edition, 15 Edition. USA : Prentice-Hall

Kotler, P dan Keller, K.L. 2012. Marketing Manajemen. Edisi Keempat belas. New Jersey : Pearson Prentice Hall

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Mahmud. 2014. Pengaruh Desain Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Merek New V-ixion Fi (Full Injection). Jurnal Sketsa Bisnis 1 (1) : 1-13

Rachmadany, Y dan Imanuddin H. 2014. Pengaruh Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Garucci Shoes. e-Proceeding of Management, 1 (3): 577-589

Rahmayanty, N. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta : Graha Ilmu

Rangkuti, F. 2011. Riset Pemasaran. Edisi 10. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Rosalia, M dan Parjono. 2014. Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Konsumen Produk Rabbani pada Komunitas Mahasiswi Muslim di UNESA Ketintang.  Naskah Poublikasi,  hal : 1 -14

Saladim, D. 2012. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung : CV Linda Karya

Simamora, H. 2013. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat

Stanton, W.J. 2012. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2015. Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Swastha, B & Handoko, H. 2014. Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE

Syaputri, R. 2015. Pengaruh Kemasan, Merek dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada UKM Keripik Singkong Sulis di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3 (1): 27-39

Tedjasutisna, A. 2009. Memahami Kewirausahaan SMK untuk Kelas X Berdasarkan Standar Isi 2006. Bandung : CV Armico

Tjiptono, F. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Utami, A.D.W. 2016. Perancangan Desain Logo “LBH Sandhi Wafa & Partners Counselor & Attorneys At Law”. Jurnal Ilmu Komputer dan DKV 1 (1) : 51-65

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI