ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU AYLA ( STUDI KASUS PADA PT. ASTRA DAIHATSU KEDIRI)
Author (Penulis)
ALINDA FINE CARIESTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0025
Abstract
ABSTRAKS
Alinda Fine Cariesta. : Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PT. Astra Daihatsu Kediri). Skripsi, Manajamen, FE UN PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Tingkat Harga, Saluran Distribusi, Strategi Promosi dan Keputusan Pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sengitnya persaingan bisnis dalam penjualan mobil oleh beberpa produsen merk mobil ternama di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, salah satu produsen mobil yaitu PT. Astra Daihatsu mengeluarkan produk Low Cost Green Car (LCGC) merupakan produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2).Dengan demikian diharapkan produk ini dapat memenuhi permintaan pasar Indonesia. Berangkat dari sini peneliti ingin meneliti bauran pemasaran produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) khususnya di PT. Astra Daihatsu cabang Kediri. Adapun hasil dari penelitian ini, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan 4 variabel bebas antara kualitas produk (X1), tingkat harga (X2), saluran distribusi (X3) dan strategi promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat keputusan pembelian (Y) mobil Ayla PT. Astra Daihatsu cabang Kediri.
Dari hasil penelitian yang menggunakan perhitungan kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 50 responden konsumen, serta dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas menggunakan software SPSS versi 20. Sehingga didapati hasil penelitian ini adalah hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian diterima, hipotesis kedua yang menyatakan tidak ada pengaruh yang positif antara tingkat harga terhadap keputusan pembelian, hipotesis ketiga yang menyatakan adanya penganruh dari saluran distribusi terhadap keputusan pembelian, dan hipotesis ke empat yang menyatakan adanya penganruh dari strategi promosi terhadap keputusan pembelian, diterima. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, saluran distribusi dan strategi promosi secara serempak berpengaruh signifikan dan berbanding lurus terhadap variabel terikat keputusan pembelian mobil Ayla PT. Astra Daihatsu cabang Kediri kecuali pada variabel tingkat harga yang berbanding terbalik dengan keputusan pembelian.
Kesimpulan bauran pemasaran meliputi kualitas produk, tingkat harga, saluran distribusi dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian mobil Ayla di PT. Astra Daihatsu cabang Kediri adalah baik.